Milestone

, , 2 comments
Milestone, pengunjung ke-1000
Angka di stat counter menunjukkan susunan angka berderet lima. Sahabat saya, Prasetyo Budi Mulyo, ternyata telah meluangkan waktunya pada hari minggu (17/10/2010) untuk menjadi pengunjung ke-10.000 dan lalu mengabadikannya dalam wujud gambar seperti diatas. Selain capaian 10.000 pengunjung, hal lainnya adalah genap empat tahun usia blog Bangun Suporter ini pada tanggal 16 September 2010. Bagi saya ini adalah milestone. Meski terkesan dangkal sebab baru sebatas pencapaian usia dan kunjungan bukan sesuatu atau prestasi hebat lainnya. Namun ini tetaplah suatu momentum emas sekaligus kesempatan baik untuk melakukan aktivitas retrospeksi dan introspeksi.
Nah, mari sejenak retrospeksi atau menengok ke belakang. Awal dibuatnya blog ini bukanlah lahir dari nalar idealism akan tetapi lebih disebabkan oleh dua hal, yaitu latah oleh tren dan provokasi seorang teman yang sudah menjadi tokoh suporter, Bambang Haryanto. Sesungguhnya, saya masuk golongan orang yang kurang tanggap akan tren yang sedang terjadi di masyarakat. Geliat blogging sebenarnya sudah jauh sebelum saat saya memulainya. Agenda menyelesaikan studi dan setelahnya lalu asyik masyuk dengan kegiatan wirausaha makin menjauhkan diri dari kehidupan dunia maya. Tetapi aktivitas blogging yang “menawarkan” pembelajaran dan lecutan semangat dari mas Bambang memang terlalu bagus untuk diabaikan.

Meski latah dan bukan inisiatif sendiri, blog yang nantinya akan dibuat mestilah memiliki manfaat baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Bisa memberikan sumbangsih bagi orang lain meski itu sedikit. Saat memulainya, harapannya adalah blog ini menjadi hilir bagi upaya pencarian yang lebih serius dalam memahami permasalahan yang ada di sepakbola nasional, khususnya perilaku suporter yang marah. Sebagai media untuk bertukar ide dan menelurkan solusi yang sehat. Apa lacur, kenyataan tak seperti harapan. Tak banyak tulisan yang diunggah alias kurang produktif. Dan pada akhirnya belum menjadi media yang ideal untuk berdiskusi apalagi untuk menghasilkan sebuah masukan yang berarti. Blog ini baru sebatas media belajar menulis bagi pemiliknya.

Terlepas faktor eksternal yang cukup punya pengaruh besar pada sebagian besar situasi rumpang dari blog. Namun keteguhan hati yang kurang dan fokus yang ala kadarnya tetaplah biang dari sedikit lahirnya karya. Dengan momentum 10.000 pengunjung dan usia empat tahun, menyalakan lagi gairah berkarya dan berpartisipasi pada pembangunan suporter khususnya dan sepakbola nasional umumnya. Ada beberapa ide sederhana yang ingin diwujudkan. Yakni, suporter atau lebih umum lagi penikmat sepakbola perlu disegarkan dengan informasi dan pengetahuan, terutama yang tidak banyak diangkat oleh media kebanyakan. Mengangkat tema-tema sejarah klub, mantan pemain, mantan manajer, tokoh masa lalu dan peristiwa yang berguna menambah informasi, syukur-syukur bisa memberikan hikmah sekaligus penyadaran. Tapi diatas semua itu, semoga selalu terjaga stamina psikologis dan deposito moral sehingga bisa konsekuan dengan rencana-rencananya. Amin

2 comments:

Anonim mengatakan...

10.000 visitors dan 4 tahun! Selamat!

Helman Taofani mengatakan...

Welcome back, bro! Saya sekarang malah jadiin blogspot jadi media utama posting (setelah sempat migrasi ke Facebook). Blog ini sebelum Ellis Park juga ada gap panjang kan postingnya? Hehehe...

Tapi seneng banget nih bung Aji kembali.